Pelayanan UPTD Puskesmas Pengadegan Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Kecamatan Pengadegan, dan 9 Desa yang ada di wilayah Puskesmas Pengadegan yang dilaksanakan pada awal tahun 2021. Dalam rangka meningkatkan peranserta masyarakat agar turut dalam mensukseskan program vaksinasi Covid-19 yang telah dicanangkan pemerintah, Puskesmas Pengadegan terus melakukan sosialisasi kepada lintas sektor dan masyarakat di wilayah Kecamatan Pengadegan.

Kepala Puskesmas Pengadegan (Istomo Puji S.KM) menyampaikan, sosialisasi tersebut penting dilaksanakan, dalam upaya memberikan pemahaman agar masyarakat bisa menerima vaksin. Kepada peserta, dijelaskan tentang latar belakang dilakukan vaksinasi, pengertian vaksinasi dan vaksin, tujuan vaksinasi, jenis vaksin yang diberikan serta kandungannya, tahapan dan alur vaksinasi. Oleh karenanya, Kepala Puskesmas Pengadegan mengharapkan, adanya peran serta Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Kader Kesehatan untuk mengedukasi masyarakat agar mau di vaksin covid-19.

Vaksin covid-19 aman, telah melalui uji klinis. Selain itu pemerintah melalui tenaga kesehatan dan pelayanan publik sudah lebih dahulu disuntik vaksin covid-19, jadi kita harapkan masyarakat juga bisa menerima vaksin guna meningkatkan kekebalan imunitas tubuh dari penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut diharapkan sosialisasi ini peseta yang mendapat kesempatan mengikuti acara sosialisasi ini dapat meneruskan informasi kepada masyarakat lain nya yang belum bisa ikut hadir karena keterbatasan peserta dan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Kemudia masyarakat dapat bijak memilah informasi supaya tidak percaya dan menjadi penyebar hoax, sehingga masyarakat mau ikut serta dalam program vaksinasi covid-19 yang akan dilaksanakan.

Kegiatan dilaksanakan Dengan Menerapkan Prokes 5M. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.