Posyandu adalah ujung tobak pencegahan stunting di Indonesia, sebagai struktur terkecil dan terdepan dari pelayanan kesehatan dari pemerintah, posyandu bisa menjangkau masyarakat secara langsung. Pelaksanaan posyandu yang efektif sesuai dengan petunjuk teknis tentunya akan menurunkan kejadian stunting pada bayi dan balita, terutama di optimalisasi di langkah IV dan V Posyandu, yaitu pemberian penyuluhan kesehatan oleh kader dan pelayanan kesehatan oleh petugas kesehatan. Selain itu juga diperlukan media yang memudahkan kader memberikan penyuluhan di meja penyuluhan.

Pemberian simbolis media promosi edukasi untuk Penyuluhan satu menit di posyandu

Penyuluhan kesehatan dilakukan di meja IV Posyandu, di Meja IV kader akan memberikan edukasi sesuai kondisi kesehatan masing – masing individu. Namun, seringkali penyuluhan di Meja IV seringkali terlewatkan dengan alasan sasaran di posyandu cukup banyak, sehingga waktu pelaksanaan posyandu cukup sempit. Selain itu, sasaran terkadang kurang fokus di situasi ramai, sehingga perlu informasi yang singkat padat dan mudah dipahami. dengan alasan tersebut, sehingga Puskesmas Pengadegan membuat inovasi dalam hal penyuluhan oleh kader di Posyandu, yaitu Konseling Satu Menit Oleh Kader (KOSMETIK)

Penyuluhan satu menit di posyandu adalah penyuluhan singkat khusus untuk sasaran di posyandu, bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan meningkatkan kesadaran khususnya untuk melaksanakan pencegahan stunting secara mandiri, selain itu juga meningkatkan rasa urgensi sasaran terhadap kondisi pertumbuhan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *